Humas IAIN Parepare,– Dalam rangka menghadapi asesmen lapangan (AL) re-akreditasi program studi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare kembali melaksanakan simulasi lanjutan yang difokuskan pada pemantapan dokumen dan kesiapan tim asesmen, Rabu (14/05/2025). Kegiatan ini berlangsung di Ruang AL LPM IAIN Parepare, dan didampingi langsung oleh tim Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Parepare.
Simulasi kedua ini merupakan tahapan akhir sebelum pelaksanaan asesmen lapangan oleh tim asesor eksternal. Hari pertama diisi dengan pendalaman dokumen LED dan LKPS, simulasi tanya jawab bersama tim penyusun borang dan mahasiswa aktif, serta pemantapan kesiapan sarana pendukung.
Ketua LPM IAIN Parepare, Dr. Muhammad Qadaruddin, M.Sos.I, menekankan bahwa pemantapan pada simulasi kedua ini harus menjadi momentum untuk menyempurnakan seluruh aspek yang akan ditampilkan saat asesmen. “Fokus kita pada simulasi ini adalah memperkuat narasi keunggulan prodi, menyempurnakan data dan menyiapkan seluruh stakeholder, termasuk mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan. Kesiapan kolektif akan menjadi kekuatan saat asesmen berlangsung,” jelasnya.
Sejumlah kepala Raudatul Athfal (RA) dan Kepala Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) mitra yang selama ini menjadi tempat praktik dan penyerapan lulusan turut hadir memberikan testimoni dan masukan. Keterlibatan pengguna lulusan ini menjadi elemen penting dalam menggambarkan kualitas dan keberdayagunaan alumni Prodi PIAUD di dunia kerja.
Ketua Prodi PIAUD, Novita Ashari, M.Pd., mengapresiasi kolaborasi yang terbangun dengan berbagai pihak, termasuk mitra TK. “Kehadiran para kepala TK sebagai pengguna lulusan sangat berarti bagi kami. Ini menjadi bukti bahwa lulusan Prodi PIAUD mampu berkontribusi nyata di lapangan. Kami optimis, dengan pendampingan dari LPM dan keterlibatan semua pihak, asesmen lapangan akan berjalan dengan lancar,” tuturnya.
Dengan pelaksanaan simulasi kedua ini, Prodi PIAUD menunjukkan kesiapannya secara menyeluruh menghadapi asesmen lapangan. Diharapkan hasil yang dicapai dapat mencerminkan kualitas akademik dan profesionalisme lulusan yang selama ini dibangun secara konsisten (Mhy/Mif).