Humas IAIN Parepare — Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Parepare kembali mengadakan sosialisasi lanjutan terkait program Bantuan Penelitian dan Bantuan Penerbitan Buku Tahun 2025, Kamis, (15-5-2025) melalui zoom meeting. Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan penyesuaian kebijakan seleksi proposal serta membuka ruang diskusi melalui Forum Group Discussion (FGD) seputar hibah penerbitan buku.
Dalam sambutannya, Kepala Pusat Penelitian, Zulfiqar Busrah, menyampaikan bahwa meskipun terdapat kebijakan efisiensi anggaran pada tahun berjalan, LP2M tetap berkomitmen menjalankan program dukungan penelitian dosen. Skema bantuan tahun ini disederhanakan menjadi tiga klaster utama, yakni: Pembinaan Kapasitas, Penelitian Dasar Program Studi, dan Penelitian Interdisipliner.
“Bagi peneliti yang proposalnya dinyatakan lolos seleksi awal, akan dilanjutkan ke tahap seminar proposal secara daring. Target luaran minimal untuk klaster Prodi dan Interdisipliner adalah publikasi pada jurnal terindeks SINTA 4, sedangkan untuk klaster Kapasitas cukup pada jurnal SINTA 6 sesuai petunjuk teknis dari pusat,” jelas Zulfiqar.
Sementara itu, Kepala Pusat Penerbitan dan Publikasi, Suhartina, menegaskan bahwa naskah buku yang diajukan dalam program bantuan penerbitan tahun 2025 tidak boleh berasal dari luaran hibah penelitian. Kebijakan ini diambil untuk mendorong diversifikasi karya akademik yang siap diterbitkan secara mandiri oleh para dosen.
Ketua LP2M, Dr. Muhammad Haramain, turut menyampaikan apresiasi atas partisipasi aktif sivitas akademika IAIN Parepare dalam program ini. “Alhamdulillah, tahun ini kami mencatat sebanyak 90 judul proposal penelitian yang telah masuk. Kami sangat menghargai antusiasme Bapak/Ibu dosen dalam mendukung atmosfer akademik, baik melalui riset maupun karya buku,” ujarnya.
Ia juga berharap agar bantuan yang tersedia benar-benar dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas riset dosen IAIN Parepare sebagai bagian dari upaya memperkuat reputasi akademik kampus (Fzs/Tin)